Kosmetik Aman Saat Hamil dan Bahan Berbahaya dalam Kosmetik

Kosmetik Aman Saat Hamil dan Bahan Berbahaya dalam Kosmetik harus diketahui oleh bumil. Ketahui merk kosmetik seperti bedak, lipstik dan pelembab yang aman dipakai/digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.

Kosmetik Aman Saat Hamil

Kosmetik aman saat hamil adalah hal yang harus diperhatikan bagi wanita yang ingin tetap tampil cantik dengan kosmetik. Kehamilan atau saat menyusui adalah waktu berkesinambungan dan harus berhati-hati dalam memilih kosmetik karena akan berpengaruh pada janin. Lho kok bisa? Hal ini disebabkan interaksi antar kulit ataupun sel yang ada di bawah kulit.

Bahan bahan pada kosmetik ada kalanya berhubungan dengan berbagai syaraf dibawah kulit. Sehingga bahan kimia yang dikandung oleh kosmetik dikhawatirkan mengganggu kandungan ketika hamil dan anak ketika menyusui. Kandungan kimia yang dibalurkan ke kulit akan diserap oleh sel dibawahnya dan ikut masuk ke aliran darah untuk dialirkan ke jantung. Setelah sampai jantung akan disebarkan keseluruh tubuh tak terkecuali ke rahim bagi orang yang hamil. Oleh karena itu kosmetik yang dipilih nantinya harus dipastikan akan bahan-bahannya.

Dampak yang ditimbulkan jika ada zat kimia berbahaya yang masuk akan mengganggu proses kehamilan atau bahkan bisa menyebabkan cacat dalam kandungan. Oleh karena itu penting bagi wanita yang hamil lebih selektif dalam memilih Kosmetik aman saat hamil. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih dan memilah Kosmetik aman saat hamil.

Jenis Bahan Kimia Berbahaya dalam Kosmetik

Terdapat beberapa kandungan pada bahan kosmetik yang harus dihindari oleh wanita hamil karena beresiko membahayakan janin yang tengah dikandungnya.

  1. Accutane / IsotretinoinIni adalah zat yang digunakan untuk membersihkan jerawat yang sudah terlanjur parah. Penggunaannya pada ibu hamil akan memberikan efek samping yang membahayakan bagi janin. Oleh karena itu jangan langsung menggunakan bahan kosmetik yang banyak mengandung bahan ini meskipun kandungan dari zat ini memiliki vitamin A kompleks dan bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat yang bandel.
  2. DioxaneDioxane adalah zat yang sering menjadi bahan utama pada pelembab. Penggunaan yang terlalu sering dan berlebihan akan membahayakan bagi janin sehingga bagi wanita tidak perlu terlalu sering untuk menggunakan pelembab saat hamil.
  3. ParabensBahan kimia jenis ini pada umumnya digunakan untuk mengawetkan bahan kosmetik sehingga tidak mudah berjamur akan tetapi bagi wanita hamil bahan ini malah akan menghambat proses tumbuh cepat janin dalam kandungan. Oleh akrenanya batasilah penggunaan kosmetik tersebut.
  4. Benzoil peroksida. Bahan kimia jenis ini bermanfaat untuk mempercepat hilangnya jerawat pada wajah dan menghilangkan bekas lukanya. Akan tetapi bahan ini juga mempunyai kontraindikasi pada wanita yang hamil. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada dalam zat ini akan mengganggu perkembangan janin dan meningkatkan resiko bahayanya.

Mengandung Bahan Alami

Bahan yang paling baik untuk tampil mempesona dengan kosmetik adalah dengan memilih kosmetik berbahan alami. Bahan alami ini sudah pasti tidak mempunyai efek samping berlebih baik pada wajah ataupun pada janin pada wanita hamil. Selain itu penggunaan bahan alami untuk komestik akan terlihat lebih menyerap dan cerah. Kulit juga akan menjadi semakin sehat tentunya dan yang paling penting adalah tidak mengganggu janin yang ada di dalam perut wanita.

Berkonsultasi dengan Ahli Kesehatan

Cara memilih Kosmetik aman saat hamil selanjutnya adalah dengan mendiskusikannya dengan dokter kecantikan dan ahli kesehatan tentang kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. Karena yang paling penting adalah menjaga bayi tetap aman meskipun ketika mengenakan kosmetik dan tidak menimbulkan efek samping yang berlebihan ketika memakainya. Mintalah rekomendasi atau saran dan mintalah panduan untuk memilih Kosmetik aman saat hamil.