Mengenal Ciri Kosmetik Aman dan Berbahaya Untuk Kulit

Ciri kosmetik aman dan berbahaya untuk kulit perlu dikenali sehingga dapat dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam memilih kosmetik yang aman digunakan anda tentunya harus lebih berhati – hati. Hal ini dikarenakan make up atau kosmetik tidak dapat dipisahkan dari seorang wanita. Penampilan sempurna seakan menjadi harga mati bagi setiap wanita, sebab setiap orang tentu ingin tampil sempurna di hadapan banyak orang. Dengan demikian justru membuat para wanita memilih jalan pintas agar ia selalu terlihat cantik dengan menggunakan produk – produk kosmetik yang beredar bebas di pasaran.

Mengenal Ciri Kosmetik Aman dan Berbahaya Untuk Kulit

Ciri Kosmetik Berbahaya Untuk Wajah

Namun tanpa disadari justru banyak para wanita yang salah memilih produk kosmetik dan bukannya tampil cantik malah membahayakan kesehatan kulit, sehingga penting untuk memilih cream pemutih yang aman. Untuk itu akan lebih baik jika mengenali terlebih dahulu bagaimana ciri dari kosmetik yang berbahaya untuk kesehatan kulit. Untuk itu berikut merupakan ciri – ciri kosmetik yang berbahaya untuk kesehatan tubuh:

  1. Bau Yang Dihasilkan Menyengat. Produk kosmetik yang berbahaya berbau menyengat dan menggunakan parfum yang kuat supaya menyamarkan bau logam pada krim tersebut.
  2. Hasil Yang Didapat Cepat. Produk kosmetik berbahaya akan memberikan hasil yang relatif lebih cepat. Kulit akan putih dengan cepat dalam beberapa kali penggunaan.
  3. Menimbulkan Ketergantungan. Produk kosmetik yang berbahaya juga akan menimbulkan efek ketergantungan. Apabila anda tidak lagi menggunakan produk tersebut maka kulit anda akan kembali seperti semula dan akan membuat kulit anda terlihat kusam.
  4. Warna Mencolok dan Lengket. Produk kosmetik yang tidak aman dan berbahaya mempunyai warna krim yang mencolok dan akan terasa lengket jika dioleskan. Sebab dicampur dengan bahan bedak atau krim yang mengandung bahan berbahaya.
  5. Tidak Ada Izin Resmi Dari BPOM. Tentu saja produk kosmetik yang tidak aman dan berbahaya bagi kesehatan kulit ialah produk kosmetik yang tidak ada izin resmi dari BPOM. Apabila tidak ada legalitas dari BPOM maka tidak ada yang menjamin keamanan dari produk kosmetik tersebut.

Ciri Kosmetik Aman Untuk Wajah

Jika sudah mengetahui ciri dari kosmetik yang berbahaya untuk kulit wajah, maka anda bisa membedakan kosmetik yang aman untuk wajah dan tidak berbahaya untuk kesehatan kulit. Berikut adalah tips memilih kosmetik aman untuk wajah:

  1. Mempunyai Sertifikat Halal MUI. Salah satu ciri bahwa produk kosmetik tersebut aman digunakan ialah adanya sertifikat dari MUI. Dengan demikian produk tersebut bisa digunakan oleh siapa saja.
  2. Mempunyai Sertifikat Legal BPOM. Produk kosmetik yang aman tentunya selain mendapat sertifikat halal dari MUI, juga mendapatkan sertifikat legal dari BPOM. Jika tidak ada kode legal dari BPOM maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada yang menjamin bahwa produk tersebut aman digunakan dan tidak berbahaya.
  3. Mempunyai Tanggal Kadaluarsa. Memilih produk kosmetik sebaiknya anda perhatikan terlebih dahulu tanggal produksi dan expired dari produk tersebut. Hal ini untuk memastikan umur produktif dari produk tersebut yang dapat mempengaruhi kualitas dari produk tersebut.
  4. Ada Nama dan Alamat Produsen. Pada kemasan produk perhatikan nama dan alamat produsen yang jelas, dengan demikian maka produsen tersebut juga mempunyai niat baik untuk bertanggung jawab apabila konsumen ingin komplain atau bertanya mengenai kosmetik tersebut dan juga dengan adanya nama dan alamat yang jelas akan menjadi suatu informasi yang penting untuk pihak berwajib jika suatu saat terjadi sesuatu.
  5. Komposisi Bahan. Pada kemasan perhatikan komposisi bahan yang digunakan, apakan bahan tersebut aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Itulah sedikit ulasan mengenai ciri kosmetik aman untuk kulit wajah anda. Perhatikan dengan seksama perbedaan kosmetik aman dan kosmetik berbahaya. Semoga bermanfaat.