Cara Memilih Kosmetik yang Aman

Cara Memilih Kosmetik yang Aman

Cara memilih kosmetik yang aman, bagus, dan halal penting untuk diketahui oleh wanita, baik remaja maupun dewasa. Dengan mengetahui kandungan kosmetik yang baik dan aman, maka anda dapat menentukan kosmetik yang cocok untuk wajah berjerawat dan kulit sensitif.

Saat ini, banyak produk kosmetik yang dijual di pasaran oleh perusahaan kosmetik. Karena banyaknya produk yang ada di pasaran, maka Anda sebagai konsumen perlu berhati-hati dalam cara memilih kosmetik yang aman dipakai.

Dalam artikel ini, anda akan mendapatkan tips memilih kosmetik halal dan ciri kosmetik yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri.

Cara Memilih Kosmetik yang Aman

Tidak semua merk produk kosmetik yang dijual di pasaran itu cocok ketika dipakai. Pada dasarnya setiap kulit mempunyai reaksinya masing-masing terhadap produk kosmetik yang akan digunakan. Sembarang memilih kosmetik, akan membawa akibat buruk untuk kesehatan kulit Anda.

Cara Memilih Kosmetik yang Aman

Gambar ilustrasi Cara Memilih Kosmetik yang Aman

Berikut ini adalah hal-hal apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika membeli kosmetik. Daftar cara  memilih kosmetik yang aman untuk dipakai:

Perhatikan label halal

Dengan adanya label kemasan halal dari LPPOM MUI atau Lembaga Sertifikasi Halal Indonesia, secara langsung menyatakan bahwa produk tersebut, tidak mengandung bahan-bahan negatif untuk tubuh. Selain label, biasanya produk tersebut juga akan disertakan no sertifikasi yang dikeluarkan oleh badan tersebut.

Pastikan produk tersebut legal

Cara memilih kosmetik yang aman selain adanya label halal, Anda juga perlu memastikan bahwa produk tersebut sudah teruji secara klinis oleh BPOM, atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Badan yang satu ini memang mempunyai tugas untuk mengawasi aneka makanan dan aneka produk yang beredar di Indonesia. Jika sebuah produk sudah mempunyai linsesi di Indonesia, itu artinya produk tersebut sudah lulus uji klinis di laboratorium tersebut.

kosmetik yang aman adalah legal BPOM

Memiliki aturan pakai yang jelas

Merek kosmetik yang bagus selalu mencantumkan aturan pakai ksometik. Ketika Anda akan membeli produk kosmetik tersebut, pelajari dan ketahui bagaimana cara menggunakan atau cara memakai produk tersebut. Petunjuk pemakaian tersebut, biasanya terdapat di bagian kemasan produk. Dengan adanya aturan pakai seperti ini, tentunya menghindari Anda, dari kesalahan ketika memakai produk tersebut.

Perhatikan jenis dan kondisi kulit

Hal berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana kondisi kulit Anda, apakah produk tersebut sesuai atau pas untuk kondisi kulit Anda. Seperti apakah kondisi kulit Anda, sensitif, kering, normal, berminyak atau bahkan kombinasi. Dengan mengetahui hal-hal seperti ini, maka Anda dapat memilih produk kosmetik yang tepat.

Lihat tanggal kadaluarsa dalam kemasan

Perhatikan juga tanggal kadaluarsa dari produk yang akan Anda beli tersebut. Sebaiknya beli produk yang tanggal kadaluarsanya cukup lama, sehingga Anda dapat menggunakan produk tersebut secara leluasa. Ketika produk tersebut sudah memasuki tanggal kadaluarsa, biasanya ada efek samping tertentu pada kulit.

tanggal kadaluarsa kosmetik yang aman

Informasi tentang produsen kosmetik jelas

Ketika Anda membeli sebuah produk kosmetik, pastikan dengan baik, nama dan alamat pembuat produk tersebut jelas. Mengetahui nama produk serta alamat produsen pembuat kosmetik tersebut, Anda perlukan, karena jika manfaat produk tidak sesuai dengan apa yang telah dijelaskan, maka Anda dapat mengajukan komplain pada produsen dan pada BPOM.

Perhatikan komposisi bahan yang digunakan

Perhatikan juga aneka macam komposisi bahan yang ada pada produk tersebut. Pastikan produk tersebut tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk tubuh, atau tidak menggunakan bahan kimia melebihi ambang batas yang telah ditentukan sebelumnya.

Bahan berbahaya dalam Kosmetik

Selain mengetahui Cara memilih kosmetik yang aman, anda juga perlu mengetahui jenis bahan berbahaya dalam ksometik. Adapun beberapa kandungan kimia yang sebaiknya Anda waspadai pada produk kosmetik adalah :

Merkuri

Merkuri, atau disingkat menjadi HG, hg ini adalah salah satu logam berat yang sangat didak disarankan ada di dalam produk kosmetik manapun. Kandungan yang satu ini tidak dapat diurai oleh tubuh, dan biasanya akan menumpuk pada ginjal, sehingga membuat kerusakan pada ginjal.

Hidroquinon

Hidroquinon, juga termasuk salah satu obat keras. Di beberapa negara, penggunaan bahan yang satu ini sudah dilarang keras, tapi di Indonesia masih diperbolehkan, hanya saja di bawah ambang batas 2%. Efek ketika bahan ini ada pada kosmetik adalah, dapat menyebabkan iritasi pada kulit, sehingga mudah terbakar dan menjadi merah.

Selain itu masih ada beberapa bahan berbahaya lainnya yang harus Anda perhatikan ketika memilih kosmetik. Menggunakan kosmetik yang aman dipakai akan membuat kulit jadi lebih sehat, dan cantik.

Jika artikel tentang Cara memilih kosmetik yang aman ini bermanfaat, silakan share.

Cara Memilih Kosmetik yang Aman
5 (100%) 24 votes

Tinggalkan komentar