Minyak Zaitun Wardah (Pure Olive Oil)

Minyak Zaitun Wardah (Pure Olive Oil)

Minyak zaitun wardah memiliki manfaat untuk mengatasi masalah rambut, bekas jerawat di wajah, kulit kering pada payudara. Pure olive wardah juga sering digunakan oleh ibu hamil dan menyusui karena khasiat yang dikandungnya. Apakah benar seperti itu?

Jika anda serius mau menggunakan minyak zaitun wardah, maka anda perlu membaca review dan testimoni pengguna produk buatan PT. Paragon Technology and Innovation ini.

Pada kesempatan kali ini, anda akan mendalami minyak zaitun meliputi pengertian minyak zaitun, penggolongan dan kategori minyak zaitun, perbandingan minyak zaitun wardah dan minyak zaitun mustika ratu dan harga minyak zaitun. Selanjutnya, anda bisa memilih minyak zaitun yang sesuai dengan kebutuhan anda. Yuk kita cek highlight topik bahasan dalam artikel dari TomasChorvat.com ini…

Apa itu Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah jenis minyak yang diperoleh dari buah pohon zaitun. Apakah anda sudah pernah melihat tanaman pohon zaitun? Bagaimana bentuk buah zaitun? Kami coba tampilkan gambarnya berikut ini.

tanaman buah zaitun

Gambar tanaman buah zaitun

Zaitun merupakan salah satu tanaman yang namanya diabadikan dalam Al Quran. Ulama dari kalangan umat Islam menyebutkan bahwa jika ada nama tanaman atau hewan yang disebutkan dalam ayat suci Al Qur’an tentu ada rahasia yang tersimpan di dalamnya. Misalnya disebutkan dalam Quran Surat Al An’aam ayat 99. Berikut kutipannya:

“Dan Dia-lah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan. Maka, Kami keluarkan tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yag serupa dan yag tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al An’aam [6]: 99)

Yuk… pelajari kandungan minyak zaitun

Kandungan Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung banyak vitamin E yang larut dalam lemak (minyak). Masih ingat pelajaran biologi tentang jenis vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam minyak? Vitamin A, D, E, dan K adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin B dan vitamin C larut di dalam air.

kandungan minyak zaitun

Gambar ilustrasi kandungan minyak zaitun

Oke, selain kaya akan vitamin E, minyak zaitun juga sumber antioksidan polifenol yang sangat baik. Dalam satu sendok makan (1 sdm) mengandung sekitar 14 gram lemak yang tersusun atas:

  • 1.9 gram lemak jenuh
  • 10.3 gram lemak tidak jenuh dengan ikatan tunggal (monounsaturated fat)
  • 1.2 gram lemak tidak jenuh dengan ikatan ganda (polyunsaturated fat)

Karena rendahnya kandungan lemak jenuh, maka minyak zaitun serirng digunakan untuk baking, salad dressing dan stir-frying. Perlu anda ketahui bahwa minyak zaitun tidak mengandung kolesterol. Kolesterol hanya dimiliki oleh produk yang berasal dari hewan (animal).

Selanjutnya, ada berapa golongan minyak zaitun di pasaran?

Perbedaan jenis minyak zaitun

Jenis minyak zaitun berdasar kadar asam oleat bebas

Di lansir dari laman thekitchn.com bahwa kualitas minyak zaitun ditentukan dari tingkat keasaman atau kandungan asam oleat bebas (free oleic acid). Kadar asam oleat bebas dalam minyak zaitun mengindikasikan jumlah lemak yang terurai menjadi asam lemak (komponen penyusun minyak). Asam oleat merupakan jenis asam lemak dengan ikatan tunggal (disebut juga dengan lemak jenuh atau saturated acid). Semakin tinggi lemak jenuh dalam minyak, maka kualitasnya akan semakin turun. Hal ini berkebalikan dan asam lemak tidak jenuh (memiliki ikatan ganda dalam struktur trigliserida).

Jenis minyak zaitun berdasarkan proses ekstraksi

Penggolongan jenis minyak zaitun juga didasarkan atas proses yang digunakan untuk mengekstrak minyak tersebut. Ada 2 kategori minyak zaitun berdasarkan proses memperolehnya, yaitu refined (processed) oil dan unrefined oil. Unrefined olive oil adalah jenis minyak zaitun yang tidak mengalami pengolahan (treatment) lanjutan, seperti pemurnian dengan penggunaan bahan kimia dan panas; sedangkan refined olive oil adalah jenis minyak zaitun yang mengalami treatment lanjutan sehingga lebih berdaya jual (lebih bening misalnya).

Kategori minyak zaitun yang dikutip dari LiveStrong.com adalah sebagai berikut.

  • Light olive oil atau extra light olive oil
  • Pure olive oil
  • Extra virgin olive oil

pure olive oil

Berikut adalah penjelasan detailnya.

Light olive oil atau extra light olive oil

Jenis minyak zaitun ini merupakan minyak zaitun dengan kualitas terendah. Produsen menggunakan bahan kimia dan panas untuk mengekstrak dan memurnikan minyak. Karakteristik dari jenis minyak ini adalah warnanya yang cenderung pucat (lighter) dan flavor yang kurang bila dibandingkan dengan virgin olive oil. Kadangkala, minyak zaitun jenis ini dicampur (blend) dengan minyak lain seperti canola oil. Harga minyak zaitun ‘light olive oil’ paling murah dibandingkan jenis minyak zaitun lainnya. Minyak jenis ini sangat bagus digunakan untuk baking atau proses yang tidak memerlukan citarasa minyak zaitun yang kuat.

Pure olive oil

Pure olive oil adalah jenis minyak zaitun yang merupakan campuran processed (refined) olive oil dan sejumlah kecil extra virgin olive oil (unrefined). Komposisinya adalah 95% refined oil dan 5% extra virgin olive oil. Kadar asam oleat dalam pure olive oil berikisar antara 3-4%. Harga pure olive oil lebih murah jika dibandingkan dengan harga extra virgin olive oil. Jenis minyak ini tergolong kualitas medium.

Extra virgin olive oil

Jenis minyak zaitun yang satu ini merupakan minyak zaitun kualitas terbaik dengan flavor yang terbaik. Minyak zaitun ini mengandung asam oleat kurang dari 1%. Warnanya emas kehijauan dan flavor yang khas zaitun.  Jenis minyak ini tergolong kualitas terbaik (highest quality).

Minyak zaitun ini diperoleh melalui proses dingin (cold pressing) dari buah zaitun. Dalam proses ekstraksi (produksi) minyak ini tidak digunakan bahan kimia dan panas. Istilah extra virgin olive oil mengacu pada perasan pertama, sedangkan perasan kedua disebut dengan virgin olive oil.

Kini anda sudah tahu tentang jenis minyak zaitun dan cara menilai kualitas minyak zaitun. Selanjutnya kita lihat tentang produk kosmetik dari Wardah yakni Wardah pure olive oil.

Minyak Zaitun Wardah

Apakah Anda pernah mendengar tentang minyak zaitun Wardah? Sebelum membahas dan memberikan review dan testimoni tentang khasiat produk ini, anda perlu tahu bahwa industri dan pabrik kosmetik selain wardah juga menggunakan minyak zaitun. Baik itu industri kosmetik yang lokal hingga mancanegara. Minyak yang diekstrak dari buah zaitun ini juga dapat anda temui pada produk dengan merek Mustika Ratu, Herborist, Ovale, Sariayu dan lainnya. disini kami tidak memberikan perbandingan antar brand tersebut.

Wardah merilis 4 produk yang mengandung minyak zaitun. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pure Olive Oil
  2. Olive Oil For Massage
  3. Creamy Body Butter With Olive
  4. Soft Body Scrub With Olive

Ke-4 produk wardah tersebut semuanya telah terdaftar di Badan POM RI. Pada tabel berikut kami informasikan No registrasi BPOM dan jenis kemasan untuk setiap produk. Kami juga telah menuliskan review produk kosmetik Wardah untuk ibu hamil. Silakan dibaca untuk mengetahui aman atau berbahaya.

Tabel Produk Wardah yang mengandung minyak zaitun

Nama ProdukPure Olive OilOlive Oil For MassageCreamy Body Butter With OliveSoft Body Scrub With Olive
No Reg BPOMNA18140103593NA18140103955NA18160104555NA18160701366
Tanggal terbitBotol 50 mlBotol 150 mlPot 100 ml; Pot 150 ml; Pot 50 mlPot 150 ml; Pot 240 ml
Kemasan produk16-08-201715-09-2017 09-12-2016 02-11-2016

 

Brand kosmetik Wardah adalah merk produk kosmetik yang berfokus kepada kualitas. Produk wardah banyak jenisnya seperti eye cream, serum, lulur, suncream, minyak kemiri, dan lain-lain. Produk yang dijual di Indonesia, pasti ada logo dan sertifikat halal. Hal ini penting untuk para konsumen di Indonesia yang mayoritas adalah muslimah. Jadi, Anda tidak perlu lagi takut akan kandungan tidak halal di dalamnya. Namun begitu, Anda perlu mengetahui apa manfaat pure olive oil Wardah.

minyak zaitun wardah

Gambar produk minyak zaitun wardah (pure olive oil)

Manfaat minyak zaitun Wardah

Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami untuk perawatan kecantikan telah digunakan sejak ribuan tahun lalu. Jadi penggunaan minyak zaitun di dalam suatu produk kosmetik bukanlah hal yang baru.

Perkembangan zaman dan teknologi mendorong manusia untuk berinovasi. Termasuk di dalamnya adalah metamorfose produk kecantikan. Jikalau dulu, orang perlu memetik buah zaitun dan memeras minyaknya, maka kini hal tersebut tidak perlu lagi. Oleh karena itu, hingga sekarang masih banyak orang yang memanfaatkan minyak zaitun namun dalam kemasan yang lebih praktis. dengan mengunakan minyak zaitun dengan brand Wardah Pure Olive Oil, maka sekarang Anda tidak perlu bersusah payah lagi mengambil manfaat dari bahan alami tersebut.

Para konsumen telah membuktikan efektivitas dari Wardah pure olive oil. Penggunaan minyak zaitun bisa dikatakan minim efek samping dan tidak berbahaya bagi kulit. Hal ini berbeda dengan penggunaan kosmetik berbahan kimia, seperti krim pemutih berbahan hidrokuinon. Yuk kita tengok apa saja manfaat minyak zaitun Wardah.

Melebatkan dan melentikan bulu mata

Salah satu cara melentikkan bulu mata dengan minyak zaitun dapat anda lakukan dengan menggunakan Wardah pure olive oil. Caranya adalah oleskan minyak zaitun pada bulu mata menggunakan cotton bud (seperti Anda memakai maskara). Anda dapat menambahkan madu (jika perlu). Supaya terlihat lentik (melengkung) anda dapat menggunakan alat bantu seperti sendok. Lakukan secara rutin pada malam hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan atau hinga permanen.

Melebatkan dan melentikan bulu mata dengan minyak zaitun wardah

Wardah olive oil juga dapat dimanfaatkan untuk menebalkan alis dan memanjangkan (melentikan) bulu mata yang pendek. Caranya adalah oleskan minyak zaitun secara langsung pada alis kemudian pijat. Hal ini bisa anda lakukan tanpa alat. Lakukan secara rutin pada malam hari untuk mendapatkan hasil yang di inginkan.

Menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah

Wajah berminyak biasanya sering berjerawat. Ketika jerawat diobati atau dipencet terkadang meninggalkan bekas luka dan flek hitam. Anda dapat menggunakan minyak zaitun Wardah untuk mengurangi bekas tersebut.

Cara penggunaan minyak zaitun wardah untuk jerawat itu mudah. Langkah pertama adalah bersihkan wajah anda dari make up dan debu debu di wajah anda. Boleh menggunakan pembersih wajah anda ataupun juga air hangat. Ingat, selalu lakukan tahapan ini sebelum pemakaian minyak zaitun wardah.

Setelah itu, oleskan minyak zaitun menggunakan ujung jari anda ataupun bisa menggunakan tustel. Setelah beberapa menit, usap menggunakan tissue lalu cuci lagi dengan air hangat. Beberapa reviewer menyarankan untuk memakai minyak zaitun wardah pada saat sore hari setelah cuci muka atau sebelum tidur secara rutin.

Menghilangkan mata panda

Manfaat lain yang akan Anda dapatkan yaitu menghilangkan gangguan lingkaran hitam pada bawah mata karena kurang istirahat. Anda juga dapat menyamarkan dan menghilangan kantung mata yang disebut juga dengan mata panda. Caranya adalah membersihkan dulu wajah dari kotoran dan make up. Kemudian oleskan minyak zaitun wardah di sekitar area hitam mata anda. Oleskan tipis (halus) saja, jangan terlalu tebal. Selanjutnya pijat dengan lembut dan biarkan selama 120 menit atau dua jam. Langkah terkahir usap bekas minyak dengan tissue dan bilas dengan air hangat.

Menghilangkan mata panda dengan minyak zaitun wardah

Molla Chymolla memiliki pengalaman khusus menangani masalah mata panda. Dia menuturkan di blognya. Yang dia lakukan adalah mengoleskan minyak zaitun secara langsung di area mata panda pada malam hari. Yakni pada bagian bawah mata yang memang terlihat hitam. Dia cukup menggunakan 2-3 tetes minyak saja. Hasilnya, keesokan harinya dia mendapati lingkaran hitam di area mata mulai samar.

Itu adalah beberapa manfaat positif yang dapat anda rasakan saat menggunakan minyak zaitun wardah. Kulit wajah akan menjadi lebih kenyal. Manfaat lainnya yakni mencerahkan, melembabkan, dan menghaluskan kulit Anda.

Mengatasi bibir pecah pecah

Wardah Pure Oliv Oil pun memiliki khasiat dalam mengatasi gangguan bibir pecah-pecah. Bibir pecah-pecah disebabkan oleh masalah bibir kering. Anda tentu ingin memiliki bibir yang sehat dan tidak pecah-pecah atau kering (kelembapan bibir rendah). Anda juga dapat memerahkan bibir dengan minyak zaitun dan gula sehingga lebih terlihat menawan.

Caranya adala oleskan minyak zaitun ke bibir yang pecah pecah secara teratur. Minyak zaitun yang kaya akan kandungan vitamin E sangat baik untuk menutrisi kulit. Selain bibir, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mengobati tumit kaki yang pecah pecah.

Minyak zaitun ternyata juga memiliki manfaat positif untuk kesehatan tubuh Anda. Jadi tidak sebatas kesehatan kulit saja. Dengan menggunakan minyak zaitun Wardah Anda pun akan terbebas dari masalah sel kulit mati. Sebab Wardah Pure Olive Oil terbukti dapat mengangkat sel kulit yang telah mati. Kulit yang sehat akan membuat Anda terlihat semakin cantik. Kulit bruntusan juga dapat diterapi dengan minyak zaitun.

Mengencangkan dan memperbesar payudara

Tahukah anda bahwa bayi seringkali dipijat dengan minyak? Menurut anda minyak apa yang terbaik untuk pemijatan? Ya, minyak zaitun adalah jawabannya.

Anda dapat menggunakan minyak zaitun Wardah sebagai bahan perawatan payudara. Tentunya (suami) Anda menginginkan payudara yang kencang, kenyal, dan tidak kendor (kendur). Perawatan payudara menggunakan minyak zaitun yang dilakukan secara rutin akan membuat payudara semakin berisi dan padat sehingga ukurannya akan terlihat lebih besar dari sebelumnya.

perbedaan wardah olive oil for massage dan pure olive oil

Gambar wardah olive oil for massage (berbeda dengan pure olive oil)

Cara membesarkan payudara dengan minyak zaitun dilakukan pemijatan (gunakan olive oil for massage wardah) . Manfaat dari pemijatan tersebut adalah agar kulit payudara semakin halus dan elastis. Selain itu, pemijatan tersebut akan membuat aliran darah dalam payudara menjadi lebih lancar sehingga payudara semakin rileks dan ukurannya akan semakin besar. Anda pun dapat mencoba pada bokong anda. Lebih detilnya anda dapat melihat teknik pemijatan melalui video di Youtube.

Pemakaian luar seperti minyak zaitun bisa dibilang lebih aman. Hal ini juga berlaku untuk masker. Berbeda dengan pil dan kaplet yang dikonsumsi (ingestinal).

Mengatasi masalah rambut kering, bercabang, pecah-pecah dan rontok

Minyak zaitun juga memiliki manfaat dalam merawat rambut yang bercabang dan pecah-pecah. Kondisi ini merupakan mimpi buruk bagi para wanita. Anda pasti sudah menyadari sebelumnya.

Dikutip dari review-testimoni dan pengalaman annisa purbosari yang menggunakan Pure Olive Oil untuk melembabkan rambut. Untuk melembabkan rambut, selalu gunakan minyak zaitun setiap mau keramas mulai dari pertengahan rambut hingga ujung rambut. Diamkan beberapa menit. Setelah itu keramas. Anda tidak perlu menggunakan conditioner. Hasilnya rambut jadi gak kering dan ga pecah-pecah. Selain itu, rambut jadi lembut dan gak lepek atau kering berlebihan.

Selanjutnya, seminggu sekali anda bisa memakai Pure Olive Oil untuk seluruh rambut. Dari kulit kepala sampai ujung rambut. Caranya diamkan agak lama (10-15 menit), kemudian keramas dengan 2 kali memakai shampo. Hasilnya? Rambut Annisa jadi lebih tebal, tidak rontok. Selain itu masalah ketombe ramput juga teratasi.

Khasiat minyak zaitun Wardah juga sudah dipercaya para hairstylist profesional. Jangan percaya jika yang berpendapat adalah orang awam. Perawatan menggunakan minyak zaitun memang dapat menjadikan rambut terlihat lebih berkilau dan lebih indah, yang penting teratur.

Biasanya banyak rambut model yang menjadi rusak serta kering sesudah fashion week. Itu karena menggunakan alat styling rambut panas. Jika Anda juga sering menggunakan alat styling panas tersebut maka jangan ragu untuk memakai minyak alami untuk perawatan rambut, setelahnya bungkus rambut menggunakan handuk panas lalu tunggu 1 jam.

Kesimpulan
(+) Murah
(+) Bisa digunakan dari ujung rambut hingga ujung kaki
(+) Betul-betul bekerja (baca: ngefek)
(+) Tidak terlalu lengket

Harga minyak zaitun wardah

Sekarang Anda sudah mengetahui manfaat positif dari minyak zaitun. Kami rekomendasikan karena Anda harus memilih yang bagus. Sebab dalam memilih minyak zaitun sendiri sesungguhnya sama saja dengan Anda memilih produk apapun, harus dipilih yang berkualitas baik.

Anda bisa membeli minyak zaitun wardah di toko online dan toko offline dekat rumah anda (Alfamart atau Indomaret). Di toko online, pergi saja ke Tokopedia atau BukaLapak. Banyak vendor yang menawarkan minyak zaitun wardah. Harganya bervariasi. Saat ini (5 Mei 2018) harga minyak zaitun adalah Rp 22.500,- (toko mataceria Tokopedia)

Saat anda membeli minyak zaitun, yang harus Anda perhatikan adalah kapan minyak zaitun tersebut diproduksi. Selain itu juga jenis minyak zaitunnya. Jangan sembarangan membeli, juga darimanakah minyak zaitun tersebut berasal. Jika tidak mau bingung ya Anda bisa menggunakan minyak zaitun Wardah saja. Berikut kami sajikan studi kasus perbandingan minyak zaitun lokal, wardah vs mustika ratu.

komposisi minyak zaitun wardah

Gambar komposisi minyak zaitun wardah

Minyak zaitun wardah vs mustika ratu

Berikut adalah tabel komparasi minyak zaitun wardah vs mustika ratu

Yang dibandingkanMinyak Zaitun WardahMinyak Zaitun Mustika Ratu
Harga22,50028,000
Kemasan50 ml175 ml
Harga per ml450160
KomposisiMineral oil, ilive oil, fragrace, BHTOlive oil, jasmine oil, rose oil, termanilia oil, tocopheryl acetate, CI 61565
Kategori minyakPure olive oil, blend dengan mineral oilpure olive oil, dengan komposisi minyak beragam
Tingkat kemurnian (estimasi)Lebih murniDibawah wardah

Melihat dari tabel di atas, berikut adalah poin yang dapat diperoleh:

  • harga minyak zaitun mustika ratu per mililiter (ml) lebih murah jika dibandingkan dengan harga minyak zaitun wardah
  • kualitas minyak zaitun wardah lebih unggul bila dibandingkan dengan minyak zaitun mustika ratu. Kualitas ini dilihat dari komposisi dalam kemasan.

komposisi minyak zaitun mustika ratu

Gambar komposisi minyak zaitun mustika ratu

Jadi memang benar para pakar bahwa harga berbanding lurus dengan kuantitas dan berbanding terbalik dengan kuantitas. Saatnya anda menentukan, mau pilih harga atau mau pilih kualitas.

Klaim: perbandingan ini bersifat subyektif dan tidak diniatkan untuk menjatuhkan suatu merek tertentu.

Silakan share jika artikel ini bermanfaat buat anda.

Minyak Zaitun Wardah (Pure Olive Oil)
5 (100%) 22 votes