Perawatan Wajah pada Ibu Hamil, Masalah dan Produk Kosmetik

Perawatan Wajah pada Ibu Hamil, Masalah dan Produk Kosmetik

Perawatan wajah pada ibu hamil yang baik dan benar itu penting untuk kesehatan ibu dan janin. Bumil pun mencari merk  produk perawatan wajah yang aman melalui rekomendasi teman dan blog/website di internet. Jika anda mencari produk kosmetik seperti masker, sabun muka, dan cream yang aman diguanakan trisemester 1 (pertama), maka anda perlu membaca artikel ini hingga tuntas.

Dengan membaca artikel ini, anda bisa menjawab pertanyaan seperti  bolehkah ibu hamil perawatan wajah. Yuk kita simak penjelasan lengkapnya dari TomasChorvat.com.

Masalah Kulit pada Ibu Hamil

Seorang wanita/ibu hamil sering mengalami masalah-masalah ganggua kecantikan pada kulit seperti timbulnya jerawat dan melasma (sebelumnya disebut dengan chloasma). Hal itu wajar terjadi mengingat saat hamil tubuh seorang perempuan hamil mengalami perubahan hormon. Masalah kulit pada bumil yang dikutip dari gelombangotak.com adalah sebagai berikut:

  1. Stretch Mark
  2. Pigmentasi
  3. Melasma
  4. Jerawat
  5. Kulit berminyak
  6. Kulit sensitif
  7. Gatal-gatal
  8. Linea nigra
  9. Pipi memerah
  10. Iritasi kulit

Penjelasan dari masalah kulit pada ibu hamil adalah sebagai berikut.

Stretch Mark

Strech Mark merupakan masalah kulit yang paling banyak terjadi pada ibu hamil. Bahkan hampir semua ibu hamil mengalami stretch mark selama kehamilan mereka. Stretch mark merupakan garis putih yang sering muncul pada perut, paha maupun bagian lain pada tubuh yang terjadi akibat peregangan kulit.

Pigmentasi

Masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil berikutnya adalah pigmentasi. Pigmentasi terjadi akibat bertambahnya pigmen tubuh yang meningkat akibat perubahan hormonal. Pigmentasi ini menyebabkan warna kulit menjadi lebih hitam, serta daerah yang sudah hitam menjadi lebih hitam seperti puting susu, areola maupun tahi lalat.

Melasma

Melasma merupakan masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil selanjutnya. Melasma merupakan salah satu bentuk pigmentasi, namun umunya melasma berupa bercak coklat yang muncul pada wajah selama masa kehamilan. Melasma juga sering disebut sebagai topeng kehamilan

Jerawat

Jerawat juga merupakan salah satu masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil. Adanya perubahan hormonal selama masa kehamilanlah yang menjadi penyebab munculnya jerawat pada ibu hamil.

Kulit berminyak

Masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil berikutnya adalah kulit berminyak. Perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh mendorong produksi sebum (minyak pada kulit). Peningkatan produksi sebum inilah yang menyebabkan kulit berminyak.

Kulit sensitif

Masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil selanjutnya adalah kulit sensitif. Tingginya kadar hormon dalam tubuh menyebabkan kulit cenderung lebih tipis, lebih halus dan juga lebih sensitif.

Gatal-gatal

Masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil berikutnya adalah gatal-gatal. Gatal-gatal yang terjadi pada ibu hamil disebabkan karena berbagai hal. Namun perubahan kulit yang menjadi lebih sensitiflah yang biasa menyebabkan gatal-gatal.

Linea nigra

Masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil selanjutnya adalah linea nigra. Linea nigra merupakan garis gelap memanjang dari pusar sampai kemaluan. Pada beberapa ibu hamil linea nigra sangat tipis hingga cenderung tak terlihat, namun pada beberapa ibu haml yang lain linea nigra terlihat sangat jelas. Linea nigra semakin terlihat jelas mulai trimester kedua kehamilan.

Pipi memerah

Pipi memerah menjadi masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil berikutnya. Peningkatan hormon progesteron selama kehamilan serta meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh menyebabkan pipi terlihat memerah.

Iritasi kulit

Masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil yang terakhir adalah iritasi kulit. Selain disebabkan karena kulit yang sensitif, iritasi pada kulit juga terjadi karena adanya gesekan antar kulit, seperti pada kulit selangkang, ketiak, maupun pada kulit disekitar kemaluan.

Perawatan wajah pada ibu hamil perlu dilakukan agar masalah-masalah tersebut tidak semakin parah. Apa saja yang harus dilakukan ibu hamil untuk melakukan perawatan diri demi menjaga kecantikan? Jawabnya ada banyak hal yang bisa dilakukan ibu hamil namun semua hal itu ada batasannya.

Perawatan Wajah pada Ibu Hamil, Masalah dan Produk Kosmetik

 

 

Gambar ilustrasi Perawatan Wajah pada Ibu Hamil, Masalah dan Produk Kosmetik

Perawatan Wajah Pada Ibu Hamil

Masalah utama kecantikan ada pada bagian wajah. Timbulnya jerawat, noda hitam, dan kulit kering kusam harus segera di atasi dengan cara:

Perawatan jerawat untuk ibu hamil

Jerawat yang tidak biasanya muncul kini mulai muncul. Anda tidak perlu panik. Hal ini wajar terjadi karena pada ibu hamil hormone androgen yang meningkat. Hormon tersebut memicu kelenjar sebaceous untuk memproduksi minyak di wajah lebih banyak sehingga menimbulkan jerawat.

Ada dua jenis jerawat yang akan muncul yaitu jerawat ringan dan jerawat berat. Jika anda berkonsultasi ke dokter maka dokter akan memberikan jenis obat oles atau oral. Hal ini jelas tidak baik untuk ibu hamil. Alasannya adalah pada masa hamil sebaiknya tidak banyak mengonsumsi obat.

Perawatan wajah pada ibu hamil dalam masalah jerawat bisa dilakukan dengan rajin membersihkan muka, kurangi penggunaan kosmetik yang mengandung bahan berat, kosmetik yang disarankan yaitu yang terbuat dari bahan air , kosmetik khusus untuk kulit berminyak, bedak atau faoundation yang ringan.

Perawatan flek hitam pada wajah

Flek, noda atau bercak hitam pada wajah saat hamil terjadi karena meningkatnya hormone estrogen, progesterone dan hormone. Perubahan tersebut memicu sel melanosit mempengaruhi warna kulit sehingga menjadi lebih gelap. Noda hitam ini sebenarnya bisa menghilang secara alami setelah melahirkan. Namun, tentunya anda tidak ingin terlihat banyak memiliki noda hitam kan?

Ada perawatan wajah pada ibu hamil yang bisa diupayakan untuk mengurangi noda hitam yaitu dengan mencuci wajah, menggunakan concealer yang aman bagi ibu hamil atau tabir surya SPF 30.

Perawatan wajah kusam ibu hamil

Kulit perut akan mengalami perubahan terutama pada strukturnya. Biasanya ibu hamil akan lebih gemuk dari sebelumnya sehingga kulit juga akan menyesuaikan.

Jika ibu hamil menggunakan pelembab kulit dengan kandungan yang sama seperti sebelumnya tentu tidak cukup. Untuk mengurangi kulit kering kusam gunakan kosmetik untuk kulit kering yang aman bagi ibu hamil, bersihkan kulit secara teratur dengan tetap menjaga kelembapan kulit. Anda juga bisa menggunakan masker wajah alami untuk membuat kulit tetap segar terutama kulit wajah.

Relaksasi Pada Ibu Hamil

Tubuh ibu hamil juga harus diberi perawatan. Biasanya ibu hamil akan lebih mudah lelah. Untuk itu mereka memerlukan relaksasi.

Anda bisa melakukan relaksasi dengan spa namun harus dengan jasa spa yang berpengalaman menggurusi ibu hamil jangan sembarangan.

Hal yang perlu anda hindari ketika melakukan relaksasi yaitu hindari suhu panas, berendam di air panas, mandi dengan air panas, dan berada di ruang uap. Kadar panas yang diperbolehkan untuk ibu hamil yaitu kurang dari 32 derajat celcius lebih dari itu tidak boleh. Untuk menyiasatinya anda bisa menggunakan air hangat suam-suam kuku panasnya.

Perawatan wajah pada ibu hamil masih bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana namun bisa menimbulkan efek yang memuaskan. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter bila mengalami masalah-masalah kecantikan akibat kehamilan. Tetap tampil cantik ya bumil (ibu hamil).

Produk Perawatan Wajah untuk Ibu Hamil

Daftar kosmetik yg aman menurut BPOM.  Banyaknya produk kosmetik yang bermunculan di pasaran, tentu membuat masyarakat kebingungan dalam memilih kosmetik yang aman. Terlebih lagi banyaknya krim pemutih wajah, sebab bagaimana pun sangat penting untuk memilih produk pemutih wajah yang aman dan tepat untuk wajah. Memilih produk kosmetik yang tepat, tak hanya menjadikan kulit wajah Anda lebih cantik saja tetapi lebih sehat dan juga aman digunakan.

Daftar Kosmetik Yang Aman Menurut BPOM

Walaupun telah beredar banyak produk krim wajah yang berharga murah, namun usahakan bukan murahan serta telah mempunyai izin peredarannya. Hal tersebut dikarenakan pemutih wajah yang palsu sendiri tidak terbukti tidak mengandung zat yang berbahaya. Apalagi bagi pemilik wajah sensitive yang sangat rentan akan alergi atau jenis penyakit lainnya. Maka dari itu, dianjurkan untuk memakai krim pemutih aman yang telah diuji kelayakannya. Di bawah ini beberapa pilihan kosmetik yg aman menurut BPOM :

Wardah Lightening Day Cream

Pencerah wajah dari Wardah adalah salah satu kosmetik yang aman produksi dari dalam negeri. Dimana cream pemutih merek ini terdiri atas krim tahap 1 dan tahap 2. Pada krim tahap/step 1 memiliki kandungan vitamin B3 dan licorice yang menjadikan kulit wajah tampak lebih cerah. Selanjutnya untuk krim pencerah wajah tahap 2, di bagian dalamnya memiliki kandungan Allantoin untuk melembabkan wajah berikut kandungan ekstrak rumput laut.

Adapun fungsi cream Wardah tahap/step 2 yaitu memaksimalkan pencerahan wajah. Di samping itu, krim step 2 tersebut juga mengandung AHA atau eksfoliator yang dapat membantu meregenerasi kulit lebih cepat dan memperlambat proses pigmentasi kulit pada wajah. Salah satu produk Perawatan Wajah pada Ibu Hamil yang banyak digunakan oleh wanita Muslim adalah Wardah.

Elmadea Day Cream

Kosmetik yg aman menurut BPOM berikutnya adalah Elmadea Day Cream yang memiliki banyak kandungan vitamin E berikut UV filter yang berfungsi sebagai produk tabir surya untuk melindungi kulit wajah terhadap paparan sinar UV. Produk krim pemutih Elmadea ini mempunyai tingkat kehalusan dan kelembaban tinggi yang bersifat tidak lengket dan berminyak. Meskipun kurang begitu terkenal, namun Elmadea Day Cream terbukti telah terdaftar dalam BPOM dan aman melalui nomor NA18130100611.

Erha21 Truwhite Activator Day Cream

Krim wajah ini berfungsi mencerahkan dna melembabkan kulit wajah, sekaligus sebagai produk hasil racikan dari dokter profesional di klinik Erha. Produk krim wajah Erha21 Truwhite Activator Day Cream ini mengandung Arbutin, sebagai zat pencerah memutihkan kulit wajah sekaligus melembabkan. Kelebihan zat arbutin lainnya yaitu dapat menghambat terbentuknya melanin dalam kulit dan turut menyamarkan noda hitam pada kulit wajah. Produk Perawatan Wajah pada Ibu Hamila dalah krim siang dan malam.

Adapun cara pemakaiannya yaitu seusai wajah dicuci atau dibersihkan, Anda bisa mengaplikasikan krim ini. Produk krim pemutih dari Erha21 ini juga berguna melindungi kulit terhadap paparan sinar UV-A, UV-B, yang berperan sebagai tabir surya.

Krim Susu Domba Asli

Merupakan produk krim pemutih kulit wajah secara alami dan juga aman terbuat dari bahan alami yang aman dan tak berbahaya, sekaligus menjadi salah satu produk pemutih terbaik dari CV. Arta Mandiri. Hal tersebut dikarenakan kosmetik yg aman menurut BPOM ini tak hanya menawarkan janji-janji saja melainkan juga bukti melalui banyaknya pelanggan pengguna krim ini yang telah merasa puas akan hasil yang diperoleh pasca memakainya. Cream ini terbuat dari bahan dasar susu domba asli yang memiliki manfaat yang tak perlu diragukan kembali untuk perawatan kulit, diantaranya untuk mengencangkan, memutihkan, menghilangkan noda hitam dan melembutkan kulit.

Itulah 4 kosmetik yg aman menurut BPOM yang bisa Anda pilih sebagai cream pemutih wajah yang aman dan juga terbukti khasiatnya. Jika artikel Perawatan Wajah pada Ibu Hamil ini bermanfaat, maka silakan share.

Perawatan Wajah pada Ibu Hamil, Masalah dan Produk Kosmetik
5 (100%) 17 votes

Tinggalkan komentar